News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BPS Soppeng Selenggarakan Pencanangan Desa Cinta

BPS Soppeng Selenggarakan Pencanangan Desa Cinta



SOPPENG| Pencanangan Desa Cinta Statistik dan Pencanangan Satu Data Desa Indonesia Tahun 2024 Kabupaten Soppeng yang berlangsung di lapangan Laside, Dabbare Desa Pattojo Kecamatan Liliriaja. Selasa, 27 Agustus 2024

Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya :
Pembinaan Desa Cinta statistik atau yang disebut Desa cantik, merupakan stimulus agar statistik di desa semakin baik. Pembinaan Desa cantik diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas statistik di desa. Dengan demikian data statistik yang dikelola oleh desa semakin berkualitas, sehingga pengambilan keputusan berdasarkan data. Nantinya hal ini akan berujung pada pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Program Desa Cantik ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran serta membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan.

Kehadiran BPS secara khusus di desa ini diharapkan bisa membantu aparat desa bagaimana memanfaatkan data-data ini untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi desa sehingga kondisi masyarakat lebih baik. Jadi data ini tidak sekedar mengisi laporan profil desa tapi dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan ke depan.

Olehnya itu, saya berharap BPS sebagai penyelenggara kegiatan Desa Cantik bekerja sama dengan Kepala Desa Pattojo beserta aparatnya, memberikan yang terbaik dalam rangka meningkatkan kapasitas aparat desa tentang perstatistikan. Pembinaan yang dilakukan oleh BPS merupakan kesempatan besar bagi aparat di Desa Pattojo untuk belajar bagaimana mengumpulkan data, mengolah dan menyajikannya agar bisa digunakan untuk kemajuan pembangunan di Desa ini.

Turut hadir, Pj. Sekda Kab. Soppeng, Kepala Badan Pusat Statistik Prov. Sulsel, Kepala BPS Kab. Soppeng, para kepala SKPD terkait, Camat Liliriaja, Kepala Desa Pattojo beserta jajarannya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar